Cara Membuat Pakan Tambahan (Pelet) Untuk Ikan Air Tawar Di Rumah, Mudah kok

Cara Membuat Pakan Tambahan (Pelet) Ikan Mas

Cara Pakan Tambahan Pelet Ikan Mas
Setiap ikan memerlukan pakan yang bernutrisi tinggi agar pertumbuhannya optimal sehingga mampu memberikan kualitas dan kuantitas panen yang tinggi. Namun efisiensi dalam biaya produksi juga harus diperhatikan. Dibutuhkan pakan tambahan dalam setiap usaha budidaya ikan terutama ikan mas agar biaya produksi dapat ditekan sehingga keuntungan yang didapat juga lebih tinggi dan hasilnya pun maksimal.

So, kali ini kita akan membahas cara membuat pakan ikan mas agar cepat besar. Pakan yang kita bicarakan disini adalah pelet sehingga secara tidak langsung kita juga akan membahas cara membuat pakan pelet ikan mas.

Kolam yang sudah dipupuk memang dipenuhi dengan pakan alami yang baik untuk ikan mas tetapi hal itu belum mencukupi seluruh kebutuhan mereka. Maka dari itu dibutuhkan pakan tambahan berupa pelet yang bisa terbuat dari dedak, bungkil atau dedaunan. Bahan-bahan tersebut sangat mudah kamu temukan jika kamu tinggal di desa bukan?

Ok, langsung saja kita bahas cara pembuatan pakan alami ikan mas.

  Bahan Pembuatan Pakan (Pelet)

Bahan yang akan kita gunakan sangat mudah ditemukan karena berasal dari hewan dan tumbuhan yang mudah didapat. Bahan yang berasal dari hewan dapat berupa tepung, silase, tepung kepiting, cangkang telur ayam, susu bekas, tepung darah dll. Sementara bahan dari tumbuhan dapat berupa bungkil kelapa, ampas tahu, kacang hijau, dedaunan dll. Daun untuk pakan ikan mas dapat berupa daun yang masih segar karena masih banyak nutrisinya, contohnya yaitu daun ubi jalar.

Dalam membuat pakan ikan, perlu nutrisi yang lengkap seperti protein baik nabati dan hewani, lemak, dan karbohidrat. Sumber protein hewani didapat dari tepung ikan sedangkan yang nabati didapat dari tepung kedelai atau sejenisnya. Sumber lemak dapat kamu olah dari minyak ikan untuk campuran pelet atau minyak jagung. Dan sumber karbohidrat didapat dari dedak.

Berikut tabel kadar protein sumber-sumber bahan baku pakan ikan mas

 Jenis  Kadar Protein 
 Tepung ikan 60
 Tepung udang80 
 Tepung ayam
46 
 Tepung darah85
 Tepung kedelai36
 Tepung sorgum9
 Dedak halus15
 Kacang hijau23
 Ampas tahu 26
 Tepung daun3
Sumber: Balai Informasi Pertanian Kayuambon, Jawa Barat

  Nilai Gizi Pelet

Dalam proses pembuatan pelet tidak boleh asal mencampur bahan-bahan yang ada tanpa mempertimbankan komposisi setiap bahan. Perlu diketahui kadar protein, karbohidrat, dan lemak yang dikehendaki atau bisa disebut harus sesuai dengan kebutuhan gizi yang ikan butuhkan.
 
Untuk ikan mas sendiri setidaknya dibutuhkan protein sekitar 30 % sehingga perlu diketahui terlebih dahulu bahan-bahan yang masuk ke kriteria tersebut.


Setelah diketahui komposisi masing-masing bahan lalu dibuat perkiraan bahan-bahan yang akan digunakan untuk pelet. Banyaknya bahan yang digunakan tergantung dari kandungan proteinnya.

Berikut contoh penyusunan Ramuan pelet untuk ikan mas
  Jenis bahan   Jumlah bagian    Perhitungan kadar protein   
Tepung daging1080/100 x 100 = 8 
Tepung ikan 2560/100 x 25 = 5
Tepung ampas tahu 2026/100 x 20 =5,2 
Tepung daun83/100 x 8 = 0,18 
Dedak halus 3515/100 x 35 = 5,25 
Vitamin ikan mas1
Mineral1
Total100 33,45 
Sumber : Balai Informasi Pertanian Kayuambon, Jawa Barat

  Pembuatan Pakan Tambahan (Pelet)

Hal pertama yang perlu diketahui adalah proporsi masing-masing bahan dalam formula pelet yang akan disusun. Setelah diketahui proporsi seperti contoh diatas maka dicampurkan semua bahan-bahan tersebut dan pastikan diaduk hingga benar-benar merata agar mutu peletnya seragam.

Adonan pelet yang telah rata kemudian diberikan sedikit air lalu dibentuk seperti pasta. Setelah itu dimasukkan kedalam gilingan daging atau alat pembuat pelet (harganya lumayan mahal). Hasil cetakan mesin ditampung dalam sebuah wadah lalu dijemur dibawah terik sinar matahari. Pengeringan sebenarnya juga bisa dilakukan dengan alat namun demi alasan efisiensi biaya produksi maka sinar matahari sudah cukup kok.


Pastikan pelet yang telah jadi memiliki kadar air yang tidak lebih dari 10 % dan tidak mudah pecah atau hancur. Pelet disimpan dalam drum atau wadah yang kering dan sejuk agar dapat digunakan dalam waktu yang lama.

  Tata Cara Pemberian Pakan Pelet

Pakan diberikan dengan teknik sebar dalam satu area, ikan akan berkumpul di area tersebut. Perlu dipahami pula jam-jam yang bagus untuk pemberian pakan pelet ikan mas. Jumlah pakan yang diberikan antara 3 - 5 % dari total bobot ikan mas.

Ikan yang diberi pelet haruslah ikan yang sudah besar atau hampir panen karena kalau diberikan kepada ikan yang kecil maka akan susah untuk dikonsumsi oleh ikan tersebut. Makanan Ikan mas kecil atau masih dalam masa pendederan bisa diberikan dedak halus yang dicampur sedikit tepung ikan. Namun ikan mas kecil juga bisa diberi pelet tapi perlu diberikan dalam bentuk tepung atau remah.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Ikuti Kami Kuy....