10 Negara Dengan Luas Lahan Pertanian Terluas di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

10 Negara Dengan Lahan Pertanian Terluas
10 Negara Dengan Lahan Pertanian Terluas | Dok. Pribadi
Pernahkah kamu penasaran negara-negara mana saja yang memiliki luas lahan pertanian terluas di dunia? kita sering berbicara bahwa Indonesia adalah negara agraris, itu benar dan kita mengetahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas lahan pertanian (Arable Land) terluas di Dunia.

Oops, sepertinya pengetahuanmu akan hal tersebut akan sedikit berubah setelah melihat daftar 10 Negara Dengan Luas Lahan Pertanian Terluas di Dunia.

Ok, berikut negara-negara yang memiliki luas lahan pertanian terbesar di dunia, antara lain:

 1  Amerika Serikat | 1,650,062 Ha

Negeri yang dijuluki paman sam ini memang sedari dulu dikenal sebagai negara yang superior di bidang pertanian baik dari teknologi dan luas lahan pertaniannya. Negara ini juga sering mengimpor sebagian besar komoditas pertaniannya ke negara-negara berkembang seperti Indonesia. Kedelai dan Gandum contohnya, kedua komoditas ini sudah lama menjadi komoditas impor andalan negara 911 ini.

Negara ini menguasai sekitar 10,48 % luas pertanian dunia yang totalnya mencapai 15.749.300 Ha. Jadi tak heran kenapa negara adidaya ini juga pantas disebut sebagai negara agraris terbesar di dunia sekaligus negara industri. Lengkap ya? jadi iri kan?

Oh ya, FYI, Amerika Serikat juga punya tanah tersubur di dunia loh. Tanah jenis mollisol yang mudah ditemukan di Amerika Serikat memilki sifat fisis dan kimia terbaik sehingga produksi pertanian mereka sangat tinggi dibandingkan negara-negara lainnya.


 2  India | 1,451,810 Ha

Negeri vrindavan ini juga termasuk yang perlu diperhitungkan loh dalam daftar negara agraris di dunia. Negara ini selain memilik jumlah penduduk yang tinggi bahkan nomor satu di dunia juga memiliki kekuatan pertanian yang mendukung. Tidak hanya itu, India juga merupakan salah satu eksportir bawang terutama bawang bombai terbesar di dunia loh.

Namun, belakangan ini pertanian di India kian menurun. Bahkan sektor pertanian mereka yang seluas itu belum mampu menyumbang PDB diatas 25 %. Mereka juga langganan sawit kita loh, bahkan India merupakan importir sawit terbesar di Dunia. So, Indonesia sangat berterimakasih dengan negara acha-acha yang satu ini. Secara keseluruhan, India mengantongi 9,22 % luas lahan pertanian dunia.

 3  China | 1,385,905 Ha

Tidak akan lengkap list ini kalau tidak ada China di dalamnya. Dengan total luas lahan yang lebih dari 1 juta hektar tersebut, china mengantongi sekitar 8,8 % luas lahan pertanian dunia. Sektor pertanian di negeri panda tersebut juga terbilang memuaskan karena selain cukup mencukupi kebutuhan dalam negeri, negara ini juga intens mengekspor komoditas pertaniannya.

 4  Russia | 1,174,284 Ha

List negara dengan luas lahan pertanian terbesar ini hampir diisi dengan negara-negara dengan luas lahan terbesar pula. Namun negara dengan luas lahan terluas di dunia yaitu Russia malah menempati urutan keempat. Kenapa hal ini bisa terjadi? sangat simpel, karena tidak semua lahan mereka bisa dijadikan lahan pertanian. Lahan mereka bahkan ada yang dekat dengan kutub utara yang notabene sangat dingin. Tanaman pertanian mana yang bisa hidup di lingkungan ekstrem tersebut? tidak ada bukan?

Namun Rusia setidaknya mengantongi 7,46 % luas lahan pertanian dunia sehingga dapat diperhitungkan sebagai negara yang agraris selain mendapatkan julukan sebagai negara penghasil minyak bumi.

 5  Brazil | 586,036 Ha

Negara megabiodiversitas ini ternyata tak kalah dibanding negara-negara lainnya.  Negara ini pernah dijuluki sebagai paru-paru dunia karena hutan tropisnya yang sangat rimbun dan luas. Kamu bisa melihat keindahan brazil lewat film Rio the Janeiro. Namun julukan tersebut sudah bisa di alihkan. Sekarang sudah lebih dari 3,1 juta hektar hutan hujan tropis di amazon brazil menjadi lahan tanpa tumbuhan alias lahan kosong yang sebagian besar menjadi pemukiman dan lahan pertanian.

Miris ya? Indonesia juga tidak kalah rusak loh. Nanti kita akan bahas topik tersebut di postingan selanjutnya.

 6  Australia | 468,503 Ha

Negara selanjutnya adalah Australia atau biasa dijuluki negeri para kangguru. Dengan luas lahan yang mencapai 468.503 hektare, negeri ini mengantongi sekitar 2,97 % luas lahan pertanian di dunia. Austarlia merupakan ekportir utama produk olahan daging dan susu serta makanan olahan dan gula. Negara-negara tujuan ekspor utama australia adalah Jepang, China, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Selandia Baru

 7  Canada | 415,573 Ha

Kanada tidak hanya berdiri tegak dalam pelayanan jasa tapi juga sektor pertanian. Kanada biasa mengekspor babi, kanola, produk susu dan ternak. Bahkan sejak tahun 2011 mereka memiliki industri babi yang sangat besar loh. Kanada juga merupakan eksportir utama produk pertanian ke Amerika Serikat.

Kanada mengantongi setidaknya 2,64 % luas lahan pertanian dunia.


 8  Ukraina | 324,791 Ha

Walaupun dikenal sebagai basis industri pertanian di Uni Soviet. Pada tahun 2008 sektor ini menyumbang 8,29% dari PDB dan pada 2012 telah naik menjadi 10,43% dari PDB. Sektor pertanian menghasilkan $13,98 miliar untuk perekonomian Ukraina pada 2012, namun walau menjadi 10 besar produsen dari beberapa hasil panen seperti gandum dan jagung dunia, Ukraina hanya menduduki peringkat 24 dari 112 negara dalam keseluruhan hasil pertanian.

Ukraina adalah produsen terbesar minyak bunga matahari di dunia,[80] dan produsen utama biji-bijian dan gula. Ukraina juga menghasilkan madu lebih banyak daripada negara Eropa lainnya dan merupakan salah satu produsen terbesar di dunia, diperkirakan 1,5% dari populasi Ukraina terlibat dalam produksi madu, oleh karena itu Ukraina memiliki produksi madu per capita tertinggi di dunia

 9  Nigeria | 300,736 Ha

Nigeria adalah negara yang agraris, sekitar 180 juta penduduknya menyandarkan hidup di sektor pertanian terutama bahan pangan pokok seperti padi. Namun yang uniknya, penduduk di negara ini hanya mengonsumsi nasi satu kali dalam sehari loh sedangkan sisanya mereka mengonsumsi produk pertanian lainnya seperti jagung, ubi dan biji-bijian. Mungkin karena itu mereka bisa mengekspor bahan pangan pokok mereka karena kebiasaan konsumsi yang terbilang efisien.

 10  Argentina | 274,490 Ha

Argentina tidak hanya terkenal akan Lionel Messi saja. Kekuatan utama pertanian Argentina terletak di komoditas kedelai, daging sapi, jagung, anggur, bunga matahari dan gandum. Ekspor utama produk pertanian seperti sereal, babi, daging sapi dan olahannya serta produk makanan olahan. Indonesia sendiri sering mengimpor katun, sereal dan pakan hewan yang berasal dari limbah industri makanan dengan nilai lebih dari 1 juta dollar us.

Lalu dimana Indonesia?

Indonesia memang tidak masuk dalam 10 Besar negara dengan luas lahan pertanian terluas di dunia, tapi kita masih bisa berbangga loh. 

 15  Indonesia | 201,456 Ha

Indonesia berada para peringkat ke 15 dan menguasai 1,28 % lahan pertanian di dunia. Indonesia secara keseluruhan belum mampu mengekspor pada sektor bahan pangan pokok namun indonesia merupakan eksportir terbesar minyak sawit dunia mengalahkan Malaysia.

Sumber data
Share:

1 comment:

  1. Baru tau Indonesia ke 15 ,taruna kasih infonya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

Ikuti Kami Kuy....