Sayuran Kale: Jenis-jenis, Kandungan Nutrisi, Harga, dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sayuran kale mungikin masih kalah eksis dibanding sayuran-sayuran lainnya seperti bayam dan kangkung. Bahkan mungkin kamu juga baru kali ini mendengar ada sayuran yang bernama kale, tapi di balik itu tentu saja ia punya segudang manfaat yang tidak kalah dibanding sayuran yang lainnya.

Kale atau bernama latin Brassica oleracea atau juga sering disebut borecole merupakan sayuran yang berasal dari suku kubis-kubisan. Ia memiliki banyak varietas dengan variasi warna mulai dari hijau hingga ungu kebiruan. Berbeda dengan brokoli dan keluarga kubis lainnya, sayuran kale tidak membentuk kepala.

Dalam sejarah, kale berasal dari Mediterania timur atau Asia. Bentuk tanaman liar kale telah didistribusikan secara luas dari tempat asal mereka dan ditemukan di pantai Eropa utara dan Inggris. Kale ternyata udah mulai dimanfaatkan sejak 2000 tahun yang lalu.

Dalam penyebarannya, kale dapat ditemukan di daerah dataran tinggi seperti karo, bogor, bandung dan lain-lain. Sayuran yang satu ini biasa dihidangkan bersamaan dengan salad dan smoothies.

Tahukah kamu? di Eropa, Amerika dan Jepang, Kale Dianggap Sebagai Ratu Sayuran Loh...

  Jenis-Jenis Kale

Berikut jenis-jenis kale yang perlu kamu ketanui, antara lain:
  • Kale daun keriting
Sesua dengan namanya, kale yang satu ini memiliki daun yang keriting. Disebut juga kale Scots atau curly-leaved. Salah satu varietas kale ini adalah kale green curled pendek
  • Kale rape
Merupakan perpaduaan antara sayuran kale dan rape yang bertujuan mendapatkan kualitas pertumbuhan yang lebih baik.
  • Kale leaf and spear
Kale yang satu ini merupakan kombinasi dari kale daun rata dan kale daun keriting
  • Kale daun rata
Merupakan kebalikan dari kale daun keriting, walau tidak terlalu rata atau juga bisa disebut normal agar tidak membigungkan. contohnya adalah kale red russian
  • Cavolo nero
Biasa disebut Tuscan Cale atau Tuscan Cabbage bahkan ada yang menyebutnya kale dinosaurus loh.
  • Kale jersey
kale yang satu ini memiliki batang yang sangat tinggi sehingga tidak salah ada yang menyebutnya cow cabbage atau kubisnya sapi.

Baca juga Teknik Budidaya Buah Naga Tabulampot

  Kandungan Nutrisi

Dalam sehelai daun kale terdapat kandungan nutirisi antara lain:
  • Betakaroten
Kale mengandung betakaroten yang berfungsi seperti vitamin A dalam tubuh.
  • Vitamin K
Didalam kale vitamin K diperlukan dalam proses perubahan trombokinase menjadi trombosit dalam proses pembukan darah
  • Lutein
Lutein memiliki manfaat yang besar terutama untuk mata agar bisa melindungi dari radikal bebas
  • Kalsium
Suku kubis-kubisan memang kaya akan kalsium termasuk pula sayuran kale. Kalsium ini berfungsi sebagai mineral penting untuk proses pertumbuhan dan peremajaan tulang.

  Harga Sayuran Kale

Harga sayuran sangat bervariasi, tergantun atribut tertentu yang melekat padanya. Namun secara garis besar, ada dua atribut penting yang bisa membedakan harga kale secara signifikan, antara lain:
  • Teknik Budidaya
Kale yang dibudidaya secara organik tentu lebih mahal apalagi jika dilengkap dengan sertfikat yang mumpuni. Daun kale curly organik dapat dihargai sekitar Rp. 130.000 rupiah di pasaran, namun untuk kale yang biasa hanya bisa diharga sekitar Rp. 70.000 saja
  • Varietas
Varietas juga sangat berpengaruh dalam penentuan harga kale karena memang mereka memiliki karakteristik yang tentu saja berbeda. Toscano kale bisa dihargai sekitar Rp. 180.000 per kgnya sedangkan green curled kale hanya diharga Rp. 60.000 saja.

Baca juga Air Injection Technology, Mampu Tingkatkan Produksi 12-34 %

  Manfaat Bagi Kesehatan

  • Pembentukan Hemoglobin
Dengan tingginya konsentrasi vitamin K dalam sayuran kale memungkinkan kale dijadikan alternatif makanan yang mampu membantu proses penyembuhan luka. 
  • Menurunkan berat badan
Kandungan serat yang tinggi pada sayuran kale dapat melancarkan sistem perncernaamu sehingga membantumu menjalani program diet. Kamu bisa mengolah kale menjadi smoothie kale, salad kale, bahkan keripik loh.
  • Menyehatkan rongga mulut
Mulai dari mencegah sariawan, menjaga kondisi gusi hingga membantu produksi air liur. Kamu bisa dapatkan itu dengang mengkonsumsi kale.'
  • Menyehatkan rambut
Ingin rambutmu berkilau? pakai sunsilk atau shampoo apaan? tidak, cukup dengan mengkonsumsi kale dan kamu akan rasakan efeknya. Hal ini karena kandungan omega 3 dan omega 6 pada kale yang mampu menyehatkan kulit rambut. Kale juga bisa menurunkan kemungkinan rambut rontok dan munculnya ketombe
  • Pertumbuhan tulang
Bagi kamu yang masih dalam masa pertumbuhan, sayuran kale juga bisa menjadi alternatif untuk menyokong pertumbuhan tulang mu. Kandungan kalsium yang ada pada kale juga lumayan tinggi.
  • Mencegah penyakit liver
Kale mengandung sulfur dan serat yang melimpah sehingga mampu menetralisir racun dalam tubuh
  • Mengobati Alergi
Bagi kamu yang memiliki gejala alergi terhadap suatu alergen mungkin dapat mencoba mengkonsumsi kale dalam bentuk sup kale. Kale mengandung zat antinflamasi dan omega 3 sehingga mampu meredakan gejala alergi
  • Menurunkan Koletrol
Kale dan sayuran-sayuran lainnya sangat ramah terhadap jantung karena hanya memiliki 35 kalori saja dan tidak mengandung lemak yang dapat menyebabkan ateriosklerosis (penyumbatan pembuluh darah oleh endapan lemak)

Tambahan:
Sebaiknya jangan terlalu banyak memakan sayuran ini dalam bentuk mentah. Hal ini dapat memiliki efek negatif pada tubuhmu.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Linus Puling Institute Oregon State, kale mengandung progitrin.

Kandungan progitrin ini dapat mengganggu stabilitas darah, berat badan dan kesehatan metabolisme tubuh secara keseluruhan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Pernah ada kasus yang terjadi pada tahun 2010, seorang wanita tua yang tinggal di China mengalami koma setelah memakan 1,5 kg kale mentah.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Ikuti Kami Kuy....