Air Injection Technology, Teknologi Yang Mampu Meningkatkan Produktivitas Pertanian Hingga 12-34 %

Menigkatkan Produktivitas Pertanian dengan Air Injection Technology
Meezei.com
Pertanian di masa depan sepertinya perlu banyak inovasi yang mutakhir demi memenuhi kebutuhan pangan manusia yang semakin hari semakin bertambah. Pertanian harus mampu menjamin ketersediaan pangan disaat lahan pertanian mulai dialih fungsikan menjadi gedung-gedung industri.

Inovasi-inovasi yang mengarah kepada intensifikasi harus marak dilakukan terutama pada negara berkembang seperti Indonesia yang saat ini masih harus rela mengimpor pangan di negara-negara yang bahkan bukan negara agraris.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas sebuah teknologi yang kiranya mampu menjadi jawaban sementara terkait permasalahan diatas. Sebuah teknologi yang bukan hal baru bagi sebagian petani atau pelaku pertanian. Namun teknologi ini masih jarang dibahas dan diterapkan walaupun memiliki manfaat yang besar.

Teknologi tersebut bernama Air Injection Tecnhology (AIT) atau dalam bahasa Indonesia adalah Teknologi Injeks Udara. So, mari kita kupas satu-satu dan kenali lebih dalam teknologi pertanian modern yang satu ini.


  Apa Itu Air Injection Tecnology?

Air Injection Tecnology atau AIT merupakan teknologi keluaran Modular Hydro. Teknologi ini memungkinkan untuk mencampur udara (O2) kedalam air secara lebih merata dan lebih berfokus daripada teknologi AirStone. AIT memiliki gelembung air yang lebih banyak dan tersebar di air sehingga lebih efektif terutama pada pertanian organik.

Prinsipnya adalah mesin menyerap udara dari luar kemudian dipompa ke akar tanaman. Udara disini maksudnya adalah udara yang larut dalam air sehingga lebih ke teknologi pengiriman air langsung ke akar, bukan netes dari atas.

AIT mampu menigkatkan efisiensi penggunaan air per luas lahan, serta membantu perbaikan tanah demi pertumbuhan tanaman.

AIT secara konstan memasok tanah dengan oksigen yang memungkinkan Anda menjaga tanah dalam kondisi jenuh konstan. Peningkatan saturasi tanah memastikan pertumbuhan & pertumbuhan tanaman tidak pernah dibatasi oleh jumlah air atau nutrisi dalam sistem dan menyediakan penyangga tanah untuk mencegah "penguncian hara".

  Kenapa Air Injection Diperlukan?

kita tentu pasti tahu bahwa ketiadaan udara pada zona di sekitar akar tanaman akan menyebabkan tanah tersebut menjadi anaerob sehingga mampu menghambat pertumbuhan tanaman dan menurunkan hasil produksi. Dengan adanya AIT, teknologi ini menembus tanah dan menginjeksikan udara yang telah larut kedalam air dalam bentuk gelembung tepat ke zona akar tanaman yang notabene sangat membutuhkan udara demi melansungkan siklus fotosintesis.

Injeksi udara juga diperlukan demi menciptakan lingkungan yang sehat bagi para mikroba tanah yang bermanfaat bagi tanah itu sendiri. 
Meningkatkan Pertumbuhan Mikroba Tanah
Dok. Pribadi
Minimnya oksigen dalam tanah dapat menyebabkan denitrifikasi serta dinitrogen oksida yang mampu merusak nutrisi tanah dan menjadi polusi. Tentunya kita tahu bahwa polusi nutrisi dalam air tanah mampu membahayakan tanaman meski tingkatannya rendah.
Baca Juga Teknologi Masa Depan Floating Farm (Pertanian Terapung)

  Cara Kerja Air Injection Tecnology

Cara kerja dari teknologi ini terbilang sederhana dan mudah diterapkan. Selama siklus irigasi tetes di bawah permukaan tanah, injektor venturi akan menyedot udara masuk kedalam pipa. Udara yang tersedot tersebut akan bercampur dan larut dengan air kemudian dikirim ke tempat-tempat yang membutuhkannya seperti zona akar.
Cara Kerja Air Injection Tecnology
Cara Kerja AIT | Dok. Pribadi
Cara Kerja Katup Venturi
Cara Kerja Katup Venturi | Dok. Pribadi

Dengan menggunakan katup dan alat pengukur tekanan bypass, laju injeksi udara ideal dapat dengan mudah dicapai.


Berikut cara kerja Air Injection Technology,

  Keuntungan Menerapkan Air Injection Technology

Dalam sebuah studi, injeksi udara pada lahan pertanian mampu meningkatkan hasil panen 12 % menjadi 34 %, tentu itu merupakan sebuah angka yang besar mengingat kita tidak butuh biaya tambahan untuk mendapatkannya.
Keuntungan Menerapkan Air Injection Tecnology
Keuntungan Menerapkan Air Injection Tecnology | Dok. Pribadi
Penelitian telah menunjukkan bahwa AIT mampu:
  • Mempercepat pematangan buah
  • Meningkatkan toleransi salinitas tanaman
  • Meningkatkan produksi di akhir musim

Tujuan utama dari teknologi yang sering disamakan dengan air pump and airstone hydroponics ini antara lain:
  • Meningkatkan produktivitas pertanian
  • Meningkatkan kesehatan tanah
  • Efisiensi penggunaan air

Berikut 11 Keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menerapkan Teknologi Injeksi Udara ini, antara lain:
  • Mengurangi / Menghilangkan ancaman patogen
  • Pasokan udara yang terinjeksi secara terus-menerus
  • Menurunkan saturasi tanah dan mengeliminasi serangga atau tunggau laba-laba
  • Menghemat air dan nutrisi
  • Peningkatan tingkat penyarapan nutrisi
  • Mengeliminasi pembengkakan akar (Balling of Roots)
  • Memaintain kejenuhan tanah selama 24 jam
  • Memaksimalkan pertumbuhan walau di area minim cahaya
  • Menurunkan kejadian pencucian tanah akibat penyiraman yang tidak tepat
  • Meminimalkan kejadian luka bakar pada daun
  • Tidak perlu cacing di dalam tanah

Teknologi ini mungkin masih jarang diterapkan karena memang belum terlalu populer di beritakan, dan ada baiknya jika dijadikan salah satu materi penyuluhan oleh para penyuluh pertanian di Indonesia.

Jika kamu penasaran dengan produk AIT ini, kamu bisa kunjungi website mereka di Modularhydro.com atau di Mazzei.net 

Btw, di tokopedia.com juga tersedia loh, silahkan cek gambar dibawah ini untuk mengetahui kata kunci untuk mencari produknya. 
Jual Katup Venturi
Produk Venturi Injector | Dok Pribadi
Harganya pun tidak terlalu mahal yaitu sekitar 100 ribuan saja, kamu hanya perlu merancangnya dengan sistem yang menurutmu lebih cocok. 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Ikuti Kami Kuy....