Mau buat pakan organik ayam petelur? Coba 10 Jenis bahan pakan berprotein tinggi ini

Ayam petelur memang merupakan salah bisnis yang menjanjikan bagi para peternak. Untuk menunjang bisnis ini tetap berjalan dengan pertumbuhan yang bagus maka dibutuhkan asupan/pakan yang baik untuk ayam-ayam petelur tersebut. Beberapa zat makanan dibutuhkan dalam takaran pakan ayam petelur untuk menjaga pertumbuhannya seperti energi, mineral dan vitamin.

So kali ini kita akan membahas 10 jenis bahan pakan berprotein nabati tinggi yang bagus untuk pembuatan pakan organik ayam petelur. Berbeda dengan pakan ayam petelur pabrikan yang kemungkinan besar sudah tercampur bahan-bahan kimia yang akan bahaya jika dikonsumsi manusia, pakan organik yang kita bahas merupakan pakan ayam petelur murah yang cara membuatnya dari limbah sayuran.
Tabel kebutuhan nutrisi ayam petelur
Tabel Kebutuhan Nutrisi Ayam Petelur | NRC (1994) dan SNI (2008)
Btw, sebelum kita masuk ke pembahasan utamanya, ada baiknya kita perlu ketahui dahulu apa aja sih kebutuhan pakan ayam petelur.Tampak dari tabel kebutuhan ayam petelur diatas bahwa dibutuhkan setidaknya 18 % protein dari total pakan yang tersedia serta beberapa kandungan asam amino esensial seperti metionin dan sistin untuk menunjang pertumbuhan ayam petelur tersebut. Jika kita mampu memenehui persyaratan nutrisi diatas maka artinya kita telah menciptakan pakan ayam petelur agar cepat bertelur.

Ok langsung aja kita masuk ke pembahasan utamanya, berikut 6 jenis bahan pakan ayam petelur yang mengandung protein nabati, antara lain:

  Bungkil Kedelai
Bungkil kedelai
Bungkil kedelai | Dok. Pribad
Bungkil ini sudah tidak asing lagi di pengliharan kita karena dengan mudah kita temukan di industri-industri rumahan. Bungkil ini merupakan salah satu sumber protein kualitas tinggi serta memiliki minyak yang ampasnya dapat dijadikan pakan tambahan. Kandungan protein dalam bungkil kedelai mencapai 44-48 % serta mengandung lisin (asam amino esensial yang sangat dibutuhkan). Energi metabolisme yang didapat sekitar 2.240 kkal/kg.

  Bungkil kacang tanah
Bungkil kacang tanah
Bungkil kacang tanah | Dok. Pribad
Bungkil ini dengan mudah ditemukan dari sisa ekstrak minyak kacang tanah. Kandungan proteinnya mencapai 40 % dari berat total namun kandungan metionin serta lisinnya termasuk rendah. Kelemahan lainnya adalah pakan ini tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Kembali kepada keputusan mu sendiri untuk menggunakannya atau tidak.

  Ampas tahu
Ampas tahu
Ampas tahu | Dok. Pribadi
Merupakan limbah hasil pengolahan kedelai menjadi tahu. Kandungan protein yang terkandung di dalamnya mencapai maksimal 61 %. Kamu bisa memberikannya secara langsung kepada ayam atau bisa juga dikeringkan terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan ampas tahu dilakukan pemberian ragi tempe selama 2-3 hari. Kamu akan mendapatkan pakan dengan kadar protein yang lebih tinggi serta mudah dicerna (palabilitas tinggi) jika mengeringkannya.

  Biji kecipir
Biji kecipir
Biji kecipir | Dok. Pribadi
Biji kecipir atau disebut juga sesame meal juga mengandung protein yang lumayan tinggi. Namun kandungan zat seperti antitripsin serta tanin yang berbahaya bagi ayam petelur cukup tinggi sehingga perlu diolah terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan direndam terlebih dahulu selama 10 jam kemudian direbus selama 30 menit. Selanjutnya dijemur hingga kering dan digiling menjadi tepung. Memang membutuhkan waktu yang sedikit lama dalam proses menjadikannya pakan ayam alternatif protein tinggi.

Baca juga Keuntungan yang kamu dapat dari bisnis Ayam Petelur

  Tepung lamtoro
Tepung lamtoro
Tepung lamtoro | Dok. Pribadi
Nah, mungkin ini tidak asing lagi bagimu bukan? bagi kamu yang tinggal di daerah pedesaan maka tanaman lamtoro seakan sudah menjadi tanaman indikator bahwa kamu sudah berada di desa. Namun asal kamu tahu, tanaman ini ternyata bisa dijadikan pakan organik loh. Tepung lamtoro didapat dengan mengekstrak daun lamtoro yang telah dicincang dan dikeringkan sebelumnya. Pakan yang terbuat dari tanaman lamtoro ini sangat murah serta mudah dalam pengolahannya. Selain itu, beberapa peternak mengatakan bahwa pakan tepung lamtoro baik untuk menguningkan kaki dan kulit ayam petelur loh.

  Tepung daun ubi dan daun pepaya
Tepung ubi dan pepaya
Tepung ubi dan daun pepaya | Dok. Pribadi
Kandungan protein yang terkandung pada daun pepaya sebesar 23,5 % dan pada daun ubi sekitar 29 %. Kedua tanaman ini terkenal akan kandungan serat yang tinggi dan mengandung zat-zat yang berbahaya bagi pertumbuhan ayam petelur sehingga penggunaannya maksimal 5 % saja dari total pakan ayam.

  Ampas kecap
Ampas kecap
Ampas kecap | Dok. Pribadi

Kandungan proteinnya mencapai 24 % namun penggunaanya masih dibatas karena memiliki kandungan lemak yang tinggi yaitu 25 %. Kenapa kandungan lemak tinggi berbahaya bagi ayam? karena dapat menyebabkan ransum akan mudah teroksidasi dan menjadi bau/tengik.

Baca juga Jenis-jenis Ayam Petelur yang perlu kamu ketahui

  Limbah gandum
Limbah gandum
Limbah gandum | Dok. Pribadi
Limbah gandum atau bernama lain "pollard" ini berasal dari penggililingan gandum yang diolah menjadi terigu. Pollard mengandung serat kasar serta energi metabolisme yang rendah dan kualitasnya lebih rendah dari sumber bahan pakan lainnya namun dapat diberikan berbarengan dengan pakan butiran kaya protein seperti kedelai.

  Tepung tulang
Tepung tulang
Tepung tulang | Dok. Pribadi
Berasal dari sisa-sisa peternakan seperti tulang ikan dan ayam. Tepung ikan memiliki nutrisi yang tinggi karena mengandung fosfor, kalium, natrium, mangan, kalsium dan magnesium. Kesemua unsur tersebut sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan ayam petelur.

  Sorgum
Sorgum
Sorgum | Dok. Pribadi
Sorgum atau juga disebut cantel memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari jagung dan tanaman xantofil lainnya. Walaupun demikian, penggunaanya perlu dibatas karena mengandung tanin yang menghambat penyerapan protein serta menurunkan tingkat pertumbuhan ayam petelur. Kombinasi sorgum dengan bungkil kedelai akan memberikan efek yang lebih baik serta menghasilkan zat metionin dan lisin yang notabene adalah asam amino esensial pada ayam petelur.
Share:

1 comment:

  1. nice info, jadi terbantu untuk membuat pakan ayam yang murah meriah

    ReplyDelete

Ikuti Kami Kuy....