Pasti Sukses, Bisnis Budidaya Jangkrik Untuk Pakan Burung yang Mudah dan Menggiurkan


                               
                                                                   
SEMANGATTT pagi bro and sis !!! Tetap tersenyum jangan lupa bahagia yaa... manusia dianugrahi dengan bermacam-macam hobi, ada yang suka memasak, bermain futsal, PUBG, hobi berkebun, berternak, dan lain sebagainya.... dan mimin sendiri yakin kalau bro and sis punyaa hobi tersendiri jugaa kan.
But, jika kalian seorang pembisnis harus mampu melihat peluang yang ada dibalik kesenangan orang yang berbeda-beda tersebut.
Kalau istilah kerennya mampu membaca Behind the scene mantulll Kali ini mimin akan membahas tentang peluang baru yang tercipta dari hobi memelihara burung dan ikan-ikan  hias mahal. Kenapa yaa banyak orang yang memelihara burung?..jenis-jenis burung apa  yang sering dipelihara yaaa?...Terus makanan apa yaa yang disenangin burung? Ikan hias kok mahal ya? Arwana sisiknya cantik banget, makananya yaaa?  Nah, dari pertanyaan-pertanyaan kepo tadi sebenarnya tersimpan peluang bisnis bro, gak percaya? cek aja...
Bro and sis dewasa ini jenis burung yang gemar dikoleksi ialah murai batu, cucak hijau, kacer, cendet, crukcuk, jalak suren, cucak jenggot, kenari, anis kembang, anis merah, kenari, dan masih banyak yang lain. Belum lagi untuk ikan hias seperti louhan, arwana. 
Penggemar burung dan  ikan hias semakin hari semakin meningkat dan berbanding lurus dengan kebutuhan pakan burung yang harus tersedia di pasaran bro and sis.. Apakah ituuuu??? Yap, benar jangrik. Karena jangrik memiliki kandungan gizi yang baik untuk burung, Jangkrik juga diyakini dapat memunculkan serta memperindah  warna sisik dari ikan hias loo.
Medan misalnya, pasaran jangrik di kota metropolitan ini berkisar Rp. 10.000 / 1 ons,  benar-benar harga yang mengiurkan bukan bro and sis.... dengan perawatan,  kandang, serta  proses produksi yang mudah tentu pemula pun bisa memulainya. Jenis jangrik yang biasa dibudidayakan, seperti jangrik kalung (Gryllus bimaculatus), jangrik alam (Fiels cricket), jangrik seliring ( Teleogryllus mitratus).
Kandang untuk jangkrik berbentuk box yang terbuat dari triplek, dengan lebar 120 cm, panjang 240 cm, tinggi 60 cm dengan bagian atas terbuka (terdiri dari 5 bagian penyusun). Tinggi kaki box kandang dari lantai sekitar 10 cm, untuk ukuran bisa bro and sist sesuaikan dengan lahan yang dimiliki kok,, dan jangan lupa meletakkan oli bekas disetiap kaki box agar semut tidak bisa naik... maklum saja, salah satu hama dalam memelihara jangrik ialah semut bro and sis.
Kandang Jangkrik dari Triplek
Ilustrasi Kandang Jangkrik

Setelah box telah jadi, beri isolasi di bagian atas biar jangrik tidak keluar.  Nah, media yang  kita gunakan untuk tempat tinggal hewan kecil ini bisa tempat telur ataupun daun pisang kering, susun rapi tempat telur yang digunakan ... semprot box dengan sedikit air agar box menjadi lembab, jangrik demen bener nih sama tempat yang lembab, gelap dan banyak tempat persembunyiannyaa.
Bro and sist untuk pakan jangkrik sangat mudah dan murah, kita dapat memberikan batang pepaya, daun singkong, sawi, gedebok pisang. Kalau jangrik masih dalam fase baby bro and sis guna mempercepat pertumbuhan jangrik, bro and sist bisa memakai pakan  ayam boiler dan gedebok pisang. Baru setelah agak besar menggunakan pakan yg telah mimin sebutkan tadi.
Dengan telur sebanyak 3 ons kita dapat menghasilkan 35 kg jangkrik dengan waktu pemeliharan sekitar 25-32 hari. Harga satu ons jangkrik dipasaran sekitar 10 ribu... so untuk 1kg-nya berkisar 100ribu rupiah. Menggiurkan bukan? pasti sukes dah, banyaknya hasil prosuksi yang dihasilkan bergantung dengan kualitas telur jangrik yang kita pakai dan bagaiman cara menetaskannya. Jika telur sudah berwarna hitam, berarti telur jangkrik sudah rusak ataupun mati diperjalan pengiriman.  Kalau telur jangkrik masih berwarna kuning, ataupun coklat itu menandakan telur masih layak digunakan.
Bro and sist, jangan takut untuk memulai budidaya jangkrik. Permintaan akan jangkrik semakin hari semakin tinggi dengan kegunaan yang ditawarkan membuat para penghobi ikan hias dan burung kian mencarinya. Dengan modal yang sedikit mampu menghasilkan keuntungan dahsyat... sangat Dasyatt....

      SELAMAT MENCOBA      
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Ikuti Kami Kuy....